Homekomentar



|F0NT| | Posted by herubaz(qutay)qutay at Sunday, March 7, 2010

10 Racun Dalam Kosmetik


sumber:http://www.mediaindonesia.com/mediaperempuan/index.php/read/2010/03/07/2839/3/10-Racun-dalam-Kosmetik
hubpages.com
BERHATI-HATILAH
ketika memilih produk kosmetik. Sebab, hingga kini telah ditemukan banyak kosmetik yang ternyata mengandung berbagai jenis zat kimia berbahaya.


Berikut ini adalah 10 jenis racun yang kerap ditemukan dalam kosmetik, seperti dituturkan Christopher Drummond, penata rias selebritas sekaligus pencipta Christopher Drummond Beauty:


1. Imidazolidinyl Urea dan Diazolidinyl Urea

Paling umum digunakan sebagai pengawet selain paraben. Bahan utamanya adalah formaldehida--yang juga digunakan untuk mengawetkan mayat--yang dikenal berbahaya bagi kesehatan manusia.



2. Methyl dan Propyl serta Butyl dan Ethyl Paraben

Digunakan sebagai penghambat pertumbuhan bakteri dan untuk memperpanjang daya tahan produk. Senyawa ini dikenal sebagai racun, tetapi masih banyak digunakan dan menimbulkan banyak reaksi alergi dan ruam kulit.



3. Petrolatum

Merupakan produk sampingan dari produksi bensin.



4. Propylene Glycol

Idealnya, senyawa ini adalah gliserin sayuran yang dicampur dengan alkohol gandum.




5. PVP/VA Copolymer

Merupakan sejenis zat kimia turunan minyak bumi yang digunakan di dalam
hairspray dan kosmetik lainnya. Senyawa ini dapat dikategorikan beracun, karena partikel-pertikelnya dapat menjadi benda asing dalam paru-paru orang yang sensitif.



6. Sodium Lauryl Sulfate

Zat sintetis ini digunakan dalam sampo sebagai deterjen untuk menghasilkan busa. Senyawa ini bisa menyebabkan iritasi mata, ruam kulit, rambut rontok, ketombe pada kulit kepala dan reaksi alergi. Dalam kosmetik alami palsu, zat kimia ini sering disamarkan dengan penjelasan di dalam tanda kurung berbunyi ''berasal dari kelapa.''



7. Stearalkonium Chloride

Merupakan senyawa kimia yang digunakan dalam kondisioner rambut dan krim, serta menyebabkan reaksi alergi. Senyawa ini dikembangkan oleh industri kain sebagai pelembut kain.



8. Pewarna sintesis


Pewarna sintetis diyakini sebagai agen penyebab kanker. Jika kosmetik mengandung jenis pewarna ini, jangan menggunakannya.



9. Wewangian sintesis

Wewangian sintetis yang digunakan dalam kosmetik bisa memiliki hingga 200 bahan kandungan.


10. Triethanolamine

Sering digunakan dalam kosmetik untuk mengatur pH dan sebagai dasar bagi banyak pembersih. TEA dapat menyebabkan reaksi alergi, termasuk masalah mata dan kekeringan rambut dan kulit. Bisa menjadi racun apabila diserap ke dalam tubuh dalam jangka waktu yang panjang.(*/OL-5)


Labels:,

Lihat juga Artikel di bAwah.



salam hangat dari bangherbazzandqutay


0 comments:


 

.