Homekomentar



daftar artikel klik ▼

|F0NT| | Posted by herubaz(qutay)qutay at Friday, December 11, 2009

Asbes Dapat Menyebabkan Kanker? | Mesothelioma

Setelah beberapa kali gugling mencari informasi tentang mesothelioma asbestos karena rasa penasaran saya tentang hal tersebut, ada beberapa artikel dalam bahasa indonesia yang menyebutkan bahwa bangunan rumah yang memakai bahan asbes mempunyai peluang untuk terkena penyakit mesothelioma asbestos. Lo ko bisa begitu?… ini dikarenakan oleh debu asbes yang terhirup.


asbes

asbes


Debu asbes yang sangat kecil dan tajam ini bisa melukai rongga pernapasan, apalagi jika berlangsung berlarut-larut, bahan asbes yang dicampurkan ke bahan bangunan itu termasuk karsinogen atau zat pemicu terjadinya kanker. Bahkan ada beberapa negara yang melarang pemakaian asbes sebagai bahan baku pembangunan rumah atau gedung yang akan di huni oleh manusia. Asbes sendiri adalah bentuk serat mineral silika yang termasuk dalam kelompok serpentine ( krisotil yang merupakan hidroksida magnesium silikat dengan komposisi Mg6(OH)6(Si4O11) H2O), dan amphibole dari mineral-mineral pembentuk batuan, termasuk: actinolite, amosite

(asbes coklat, cummingtonite, grunnerite), anthophyllite, chrysotile (asbes putih), crocidolite (asbes biru), tremolite, atau campuran yang sekurang-kurangnya mengandung salah satu dari mineral-mineral tersebut.


Mengingat rumah saya juga memakai asbes, saya menjadi ikut ngeri juga kalau debu asbes terhisap oleh pernapasan… takut kena mesothelioma asbestos… ini menurut pandangan awam saya.



Lebih lengkap :

http://rumahkusorgaku

http://www.depkes.go.id

Labels:,

Lihat juga Artikel di bAwah.



salam hangat dari bangherbazzandqutay


0 comments:


 

.