Homekomentar



daftar artikel klik ▼

|F0NT| | Posted by herubaz(qutay)qutay at Saturday, August 22, 2009

Ramadan, Pengiriman Uang TKI Hingga Rp1 M Per Hari


sumber:http://news.okezone.com/read/2009/08/22/1/250401/ramadan-pengiriman-uang-tki-hingga-rp1-m-per-hari

SUBANG - Pengiriman uang dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri mengalami peningkatan signifikan, hingga Rp1 miliar per hari. Tren peningkatan itu terjadi sejak sebulan memasuki bulan Ramadan ini.

Supervisior Pelayanan Kantor Pos dan Giro Cabang Subang, Ika Mustikasari menyebutkan, angka pengiriman uang TKI ke Kabupaten Subang dengan jasa Western Union mengalami peningkatan sebesar 1.600 pengiriman, dibandingkan pada Ramadan tahun lalu.

Pada Ramadan ini, kata Ika, sudah mencapai 7.600 penerimaan, sementara pada tahun sebelumnya hanya 6.000 transaksi pengiriman.

"Satu bulan terakhir dari mulai menjelang bulan Ramadan hingga saat ini, kami telah menerima total pengiriman uang dari luar negeri melalui fasilitas Western Union sebanyak 7.600 pengiriman. Sedangkan tahun kemarin hanya 6.000 pengiriman," ujar Ika, Sabtu (22/8/2009).

Kebanyakan, transaksi penerimaan pengiriman uang berasal dari Arab Saudi, Malaysia, Hongkong serta Singapura yang menjadi basis TKI asal Kabupaten Subang.

Ika menjelaskan, total dana yang masuk per hari ke Kabupaten Subang bisa mencapai Rp1 miliar dengan mata uang rupiah. Total pengiriman perhari bisa sampai Rp1 miliar. "Puncaknya H-14 lebaran nanti," imbuhnya.

Jumlah TKI asal Subang yang bekerja di luar negeri sebanyak 7.240 orang, di luar TKI yang menggunakan jalur resmi. Mereka kebanyakan berasal dari daerah segitiga emas Pantura, yakni Kecamatan Binong, Pamanukan dan Pusakanagara.

Di daerah itu, sudah menjadi tren masyarakat (Annas Nasrullah/Koran SI/lsi)

Labels:

Lihat juga Artikel di bAwah.



salam hangat dari bangherbazzandqutay


0 comments:


 

.