Homekomentar



|F0NT| | Posted by herubaz(qutay)qutay at Friday, November 6, 2009

Aplikasi iPhone Penerjemah Tangisan Bayi


sumber:http://www.suaramedia.com/dunia-teknologi/gadget/12434-aplikasi-iphone-penerjemah-tangisan-bayi-.html


Applikasi yang mampu diakses melalui iPhone ini, mampu menafsirkan penyebab tangisan bayi. (SuaraMedia News)

Applikasi yang mampu diakses melalui iPhone ini, mampu menafsirkan penyebab tangisan bayi. (SuaraMedia News)

SAN FRANSISCO (SuaraMedia News - Pasangan yang baru dikaruniai buah hati mungkin akan kesulitan memahami apa yang diinginkan bayi mereka saat menangis. Terilhami dari hal tersebut, sebuah aplikasi iPhone mengklaim dapat menterjemahkan arti tangisan bayi.

Aplikasi penerjemah tangisan bayi ini menggunakan teknologi yang dipatenkan untuk menganalisa nada dan durasi tangisan serta mencocokkannya dengan lima kemungkinan arti seperti lapar, mengantuk, tidak nyaman, tertekan atau bosan.

Kemudian, aplikasi tersebut menawarkan tips bagaimana memperlakukan si bayi berdasarkan jenis tangisan yang dideteksi.





"Lima jenis tangisan ini bersifat universal bagi semua bayi yang berasal dari berbagai kultur dan bahasa," kata si pembuat aplikasi Pedro Barrera dan Luis Meca seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (6/11/2009).

Menurut mereka, setiap bayi memiliki aksen dan nada tangisan yang unik dalam mengekspresikan keinginan mereka. Sebagai contoh, suara tangisan keras namun pendek, dan naik turun secara perlahan menandakan si bayi merasakan lapar.

Biloop Technologic yang memproduksi aplikasi ini menyebutkan, butuh waktu hingga enam tahun untuk mengembangkan teknologi penerjemahan tangisan bayi sehingga bisa digunakan dalam bentuk apliksi.

Menurut Biloop Technologic, aplikasi mereka telah teruji secara ilmiah oleh hasil uji coba pihak independen di Clinic Hospital Juaneda Menorca divisi kesehatan anak.

Sebelumnya, Pengembang aplikasi iPhone asal Jerman, membuat terobosan baru dengan mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat mengendalikan mobil Anda.

iDriver membuat iPhone menjadi layaknya sebuah remote control. Aplikasi ini mampu menghubungkan iPhone dengan mobil pengguna.

Dalam sebuah ujicoba, para pengembang aplikasi dari Jerman itu menghubungkan iPhone dengan sebuah mobil van yang telah dilengkapi Wi-Fi untuk menghubungkannya. Selain itu mobil van tersebut juga dilengkapi dengan kamera di atapnya, untuk menghadirkan video live streaming pada iPhone.

iDriver, seperti diberitakan Telegraph, belum dikomersialkan. Pengembang baru memasuki tahap ujicoba. Informasi tersebut diketahui saat tim pengembang dari Appirion dan Free University of Berlin melakukannya di Tempelhof Airport.

Dalam aplikasi ini juga terdapat gas dan rem yang bisa dinavigasikan melalui sentuhan layar, yang memiliki fungsi sama dengan remote control dan terhubung dengan mobil. Sedangkan untuk kerja stir, pengguna juga bisa menggunakan kemampuan motion-sensitive iPhone. iDriver juga diklaim sebagai aplikasi pengendali mobil pertama untuk iPhone.(okz) www.suaramedia.com

Labels:,

Lihat juga Artikel di bAwah.



salam hangat dari bangherbazzandqutay


0 comments:


 

.